Cara Menghilangkan Jerawat – 7 Makanan membuat kulit halus bebas jerawat !

Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dengan makanan sehat? Apa dan Bagaimana Jerawat itu?

Sederhananya, jerawat muncul akibat gangguan regenerasi sel-sel kulit, atau keratinisasi. Regenerasi sel kulit yang tidak sempurna, menyebabkan sel kulit ‘mempertahankan diri’ dengan mengunci kelejar minyak dan pori-pori, juga menahan sebum (minyak alami pada kulit) dan protein dibawah permukaan kulit. Protein dan minyak tersebut menjadi makanan bagi P. acnes, bakteria yang menyebabkan timbulnya jerawat.
Para Ahli menyebutkan, ada begitu banyak cara untuk menghilangkan bekas jerawat ataupun penyebab timbulnya jerawat salah satunya dengan meningkatkan regenerasi sel-sel kulit, atau bisa di mulai dengan mengkonsumsi makanan sehat. Makanan memang hanya mempengaruhi timbulnya jerawat sebesar 25%, selebihnya adalah hormon, stress, pola tidur, lingkungan yang tercemar dan bagaimana cara seseorang merawat diri.
Dalam hal ini, makanan sehat yang dimaksud adalah makanan yang rendah lemak, yang tidak diproses lebih dulu alias masih mentah, kaya akan buah-buahan, sayur-sayuran dan menghindari makanan atau minuman berbahan dasar susu, daging-dagingan, coklat, kentang goreng dan junk food lainnya. Intinya, makanan yang sehat ialah makanan yang banyak manfaat bagi tubuh terutama kulit. Berikut adalah beberapa makanan yang dapat menjadi pilihan anda untuk mencegah timbulnya jerawat
· Vitamin A
Untuk membantu regenerasi sel kulit. Misalnya pada minyak ikan, ikan salmon, wortel, bayam dan brokoli. Namun jangan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A secara berlebihan, sebab mengkonsumsi vitamin A berlebih justru akan mengakibatkan vitamin A bertindak sebagai racun, terutama saat masa kehamilan dan menyusui.
· Zinc
Ada beberapa fakta yang membuktikan, seseorang yang berjerawat memiliki kadar mineral zinc lebih rendah. Zinc membantu mencegah jerawat dengan mencegah pertumbuhan P. acnes. Zinc banyak terkandung didalam kalkun, kacang almon dan gandum.
· Vitamin C dan E
Konsumsilah sumber vitamin C alami, seperti jeruk, lemon, pepaya dan tomat. Atau vitamin E pada kentang, kacang-kacangan, minyak zaitun, biji bunga matahari, alpukat, brokoli dan sayuran hijau.
· Selenium
Selenium berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi kulit dari radikal bebas, misalnya, gandum, ikan tuna, ikan salmon, bawang putih, telur dan beras merah.
· Omega3
Untuk meredakan peradangan pada kulit. Perbanyak konsumsi ikan salmon, ikan sardin, kenari, biji bunga matahari dan kacang almon.
• Air putih
Selain mencegah dehidrasi, air dapat membantu mengeleluarkan racun dari tubuh yang menyebabkan masalah kulit, membantu metabolisme dan regenerasi kulit. Disarankan untuk mengkonsumsi 5-8 gelas perhari.
· Susu
Susu mengandung suatu zat yang dapat meningkatkan kadar hormon (androgen) dan hormon tersebut dapat meningkatkan produksi sebum (minyak alami pada kulit).