Cara alami menghilangkan jerawat dan bekasnya

Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya dengan bahan-bahan alami

Bagaimana cara menghilangkan jerawat dan bekasnya secara alami dan permanen ? Berikut Beberapa tips yang bisa dicoba oleh siapapun karena mudah dan alami.

cara menghilangkan jerawat secara herbal dengan daun Binahong

cara menghilangkan jerawat dan bekasnya
cara menghilangkan jerawat dan bekasnya dengan daun binahong

Pernah Melihat daun mendengar daun binahong? Daun ini atau yang dalam bahasa Tionghoa memiliki nama San Chi adalah daun yang digunakan sebagai bahan pengobatan herbal di daerah China, Vietnam, Korea, dan Taiwan. Namun kalau di Indonesia sendiri, mengenai penggunaan daun binahong ini sendiri belum terlalu populer.

Padahal di Indonesia sendiri tanaman binahong dapat ditemukan dengan mudah, namun entah mengapa masyarakat belum tergerak untuk memanfaatkannya secara maksimal. Penggunaan daun ini sebagai obat baru populer belakangan ini. Daun binahong ini memilii kandungan flavonoid dan saponin yang dapat mengobati jerawat.

Sebenarnya intinya bukan pada jerawat, namun pada kemampuan untuk mengatasi masalah peradangan. Daun ini juga dapat meningkatkan produksi kolagen agar membantu penyembuhan kulit lebih cepat. Penggunaan daun ini adalah dengan cara sebagai masker wajah.

Cara penggunaan daun binahong sebagai masker wajah ini cukup mudah, yakni dengan cara menumbuk halus daun. Pastikan daun benar-benar lumat dan halus agar pengaplikasiannya di wajah semakin mudah. Kemudian tumbukan tersebut dicampur dengan air bersih yang sudah matang. Aduk sampai kental hingga menyerupai pasta.

Pasta campuran antara daun binahong dengan air itulah yang kemudian digunakan sebagai masker wajah. Gunakan secara merata di seluruh kulit wajah, jangan terlalu tipis dan jangan juga terlalu tebal agar cepat kering. Daun ini tidak hanya bermanfaat untuk membersihkan jerawat saja, namun juga bisa untuk membersihkan komedo yang menempel di wajah.

Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya dengan Daun Pegagan

Tak hanya daun binahong saja, alam juga menyediakan daun pegagan sebagai alaternatif lain dalam mengobati permasalahan jerawat. Di dalam daun binahong terdapat banyak sekali kandungan yang dapat menyembuhkan luka, dalam hal ini daun pegagan mampu menyembuhkan peradangan yang terjadi akibat jerawat pada kulit wajah.

Anda tak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk mengobati jerawat dengan daun pegagan ini. Sebab daun pegagan sudah disediakan oleh alam, Anda bisa memetik apapun dari alam secara gratis, namun timbal baliknya Anda harus menjaga alam agar tetap lestari. Pengobatan jerawat dengan cara herbal ini memerlukan waktu yang cukup lama, jadi bersabarlah.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengolah daun pegagan menjadi sebuah obat untuk menghilangan jerawat dan bekasnya yakni meggunakannya sebagai masker wajah. Lalu yang kedua yakni menjadikannya sebagai minuman herbal untuk dikonsumsi langsung oleh tubuh.

Lalu bagaimana cara mengolah daun tersebut? Sebagai masker, haluskan daun pegagan sekitar 20 lembar dengan sedikit saja air. Jangan terlalu banyak air agar ekstrak daun pegagan dapat diserap kulit secara maksimal. Tunggu masker kering di wajah sekitar 10-15 menit. Untuk minuman sendiri, rebuslah daun pegagan sampai mendidih. Kemudian air rebusannya diminum, agak pahit memang, namun khasiatnya terbukti nyata.

VIDEO ULAT SUTERA Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya dengan Sericin

Berikut adalah video Ulat sutera (Facial Kepompong Ulat sutera) cara menghilangkan jerawat dan bekasnya dengan sericin yang terkandung di dalamnya.

Facial kepompong ulat sutera adalah pembersih wajah yang terbuat dari pintalan serat sutera tanpa campuran zat apapun. Bermanfaat untuk membersihkan kulit dari sel kulit mati, komedo, kotoran, flek hitam, mengencangkan, mengenyalkan, dan menghaluskan kulit.

Selanjutnya, alternatif yang dapat dicoba adalah dengan jalan melakukan facial kepompong ulat sutera. Ulat sutera hanya diketahui oleh mayoritas masyarakat sebagai bahan pembuatan benang sutera saja, namun ternyata ada hal lain yang dapat dilakukan dengan si ulat sutera, terlebih pada bagian kepompongnya.

Manfaat kepompong untuk kecantikan ini sudah dikenal sejak zaman dahulu kala di peradaban China. Di Indonesia sendiri sudah mulai tenar baru belakangan ini. Kepompong ulat ini menjadikan tekstur wajah menjadi lebih kenyal dan bersih. Hasilnya wajah akan terlihat lebih berseri dan cantik.

Berikut ini adalah manfaat dari kepompong ulat sutera tersebut untuk kecantikan.

  1. Mempertahankan keremajaan kulit
  2. Mengenyalkan dan menghaluskan kulit
  3. Menjadikan kulit wajah lebih cerah
  4. Membersihkan flek dan mengangkat kotoran yang membuat wajah kusam
  5. Memperbaiki kulit yang radang
  6. Menghilangan bekas jerawat
  7. Membersihkan komedo dan juga sel kulit mati
  8. Mencerahkan kulit wajah

Selain pada wajah, scrubbing kepompong ulat sutera ini bisa dilakukan pada ketiak atau lipatan tubuh yang menghitam dan ingin dicerahkan.

Penggunaan facial kepompong ini sangat aman dan tidak memiliki efek samping apapun. Seseorang tidak akan mengalami yang namanya iritasi kulit, peradangan, alergi dan lain sebagainya akibat dari penggunaan kepompong si ulat sutera.

 

Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya dengan daun murbei

cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat dalam 1 hari
cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat

Daun murbei yang merupakan pakan ulat sutera merupakan bahan yang efektif untuk dijadikan obat jerawat.

Jadi, alangkah lebih baik jika memanfaatkan bahan alami yang ada di sekitar kita agar lebih hemat, tidak melukai kulit, dan tidak memberikan efek samping tertentu. Memang perawatan bahan-bahan alami untuk jerawat akan memberikan hasil yang lebih lama sehingga tidak instan.

Berbeda dengan perawatan menggunakan bahan kimia tertentu yang serba cepat. Namun, meskipun begitu resiko ketergantungan akan obat kecantikan penghilang jerawat tidak akan anda rasakan ketika menggunakan bahan alami ini.

Mengatasi Jerawat Dengan Bahan Alami

Jerawat adalah momok tersendiri bagi seseorang, baik itu laki-laki maupun perempuan. Masalah jerawat yang menempel di wajah memang bisa menurunkan kadar kepercayaan diri seseorang. Satu titik saja jerawat yang ada akan membuat fokus penglihatan seseorang menjadi berubah.

Sebenarnya jerawat itu sendiri apa sih? Jerawat adalah kondisi di mana kulit wajah sedang mengalami peradangan akibat dari penyumbatan kotoran di pori-pori kulit. Hal yang menjadi pemicu munculnya jerawat adalah efek dari ketidak seimbangan hormon. Pada perempuan umumnya, biasanya jerawat akan muncul menjelang datang bulan, lalu setelah periode datang bulan tersebut usai, maka jerawat dengan sendirinya akan hilang.

Penyebab Jerawat Menurut Medis

Secara medis, apa sih penyebab jerawat itu? Berikut ini adalah rangkuman informasi penyebab dari munculnya jerawat menurut kajian kedokteran.

  • Perubahan hormon

Hormon yang naik turun pada orang dewasa adalah pemicu jerawata yang paling umum. Biasanya ada masa-masa tertentu ketika hormon itu naik dan turun, misalnya saja pada wanita yang sedang mengalami masa menstruasi. Masa kehamilan juga bisa mengakibatkan seorang perempuan mengalami jerawat di wajahnya, biasanya pada tiga bulan pertama usia kehamilan. Kondisi ini memiliki nama tersendiri yakni sindrom ovarium polikistik.

  • Efek samping kosmetik

Jerawat yang timbul juga bisa merupakan efek samping dari penggunaan kosmetik yang tidak cocok dengan kulit wajah. Atau bisa jadi, seseorang kurang bersih dalam merawat kulitnya. Misalnya tidak membersihkan wajah terlebih dahulu setelah seharian menggunakan kosmetik di wajahnya.

  • Masa pubertas

Remaja yang memasuki masa puber hampir sangat sering mengalami yang namanya jerawat. Hal itu adalah wajar adanya. Jangan merasa panik kalau jerawat masih dalam batas yang wajar, namun bila ternyata jerawat semakin parah, maka segera kunjungi dokter kulit untuk merawat wajah.

  • Stress

Stress atau tekanan pikiran yang berlebihan bisa membuat hormon menjadi tidak stabil, akibatnya jerawat bisa datang. Kalau sudah begitu, maka akan repot jadinya. Selalu jaga kondisi pikiran agar tidak berada di dalam beban yang berat. Pikiran yang ceria akan mempengaruhi segala kondisi tubuh.

  • Polusi udara

Paparan asap, debu dan lain sebagainya dapat mengakibatkan yang namanya jerawat. Tidak hanya jerawat saja malah, bahkan masalah kulit lainnya seperti kulit yang kusam, berminyak dan lain sebagainya dapat bermunculan. Kenakan masker penutup wajah untuk meminimalisir polusi tersebut.